Minggu, 18 September 2016

MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN PADA USAHA KULINER


Assalamualaikum. Wr. Wb.

Dewasa ini usaha kuliner sudah sangat menjamur. Di berbagai tempat, mulai banyak bermunculan usaha-usaha kuliner baru. Hal ini tentu semakin memperkuat persaingan antar pedagang kuliner.

Tentu setiap pedagang memiliki konsumen masing-masing, akan tetapi kecenderungan konsumen untuk loyal terhadap satu tempat kuliner sifatnya tidak tetap. Hal ini yang akan kita coba untuk dibahas, tentang bagaimana cara ataupun strategi agar konsumen yang sifatnya dinamis tetap setia dan loyal menjadi pelanggan kuliner kita.

Jika bicara tips, tentunya ada banyak sekali tips yang bisa dilakukan dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan kepada usaha kuliner yang kita geluti. Akan tetapi karna keterbatasan kami dalam hal ilmu maupun praktik, kami akan menyajikan beberapa tips yang menurut kami sifatnya sangat mendasar.

Berikut ini ada beberapa tips yang semoga bermanfaat untuk di jadikan bacaan maupun bahan renungan.

  • Meningkatkan Kualitas Pelayanan.
Pelayanan adalah hal yang penting dalam dunia usaha. Semakin bagus pelayanannya maka akan semakin disenangi konsumen dan hal itu dapat menumbuhkan loyalitas konsumen pada usaha kuliner kita.
Setiap perusahaan-perusahaan besar bahkan sudah memiliki standar khusus dalam memberikan pelayanan pada pelanggan. Kita ambil contoh saja jika kita masuk di minimarket-minimarket yang saat ini sudah ada diberbagai tempat. Ketika kita pertama kali masuk pasti disambut dengan sapaan yang sudah terstandarisasi dalam hal pelayanan. Contoh kita masuk di salah satu minimarket, sebut saja minimarketnya bernama KebabMart, ketika kita pertama masuk di KebabMart pasti anda akan disambut dengan ucapan Selamat datang di KebabMart, Selamat berbelanja. Hal ini merupakan suatu bentuk kualitas pelayanan pada pelanggan.
Tapi apakah untuk usaha kuliner yang ada di pinggir2 jalan juga harus menggunakan cara seperti itu?. Tentu jawabannya tidak harus dengan cara itu, banyak cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan.
Seperti kita menyapa pelanggan yang baru datang di tempat usaha kuliner kita dengan sapaan yang sopan. Contoh dengan kalimat Monggo ajenge pesen nopo hal ini juga sudah merupakan cara pelayanan yang baik yang memanfaatkan local wisdom (kearifan lokal) atau nilai sopan santun yang berlaku di tempat kita membuka usaha kuliner.

  • Mempertahankan Kualitas Produck

Kualitas produk usaha kuliner yang kita geluti adalah hal yang sangat penting untuk tetap dijaga, bahkan perlu terus ditingkatkan kualitasnya. Banyak sekali contoh usaha yang sudah berkembang akan tetapi ditinggalkan di kemudian hari karna menurunkan kualitas produknya hanya karna ingin mendapatkan profit yang lebih besar.
Bicara loyalitas adalah aspek perasaan yang ditunjukkan pada sikap individu dalam suatu tindakan. Jika perasaan pelanggan kecewa karna kualitas produck yang kita sajikan kepada pelanggan kualitasnya menurun, maka loyalitasnya pun juga otomatis akan semakin menurun karna digeser oleh perasaan kecewa. So menjaga kualitas produk yang kita tawarkan kepada pelanggan adalah hal yang penting untuk dilakukan.

  • Menjaga  kebersihan lingkungan Usaha

Pada poin ini kami jelaskan secara singkat, jelas dan padat saja. dikarnakan sudah agak capek coret-coretnya. Hehehe...
Intinya, seorang pelanggan yang jorok pun akan tetap merasa senang dan nyaman ketika beli jajanan ditempat yang bersih dan rapi. Apalagi jika yang jual jajanan adalah orang yang penampilannya menarik dan rapi. Sejorok apapun pelanggan tetap akan merasa nyaman... hehehehe.

Sekian dari kami sedikit tips yang semoga bisa memberi manfaat bagi yang membaca dan memberi inspirasi bagi yang baru memulai usaha kuliner...

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

Info kemitraan usaha kebab murah Klik disini
Info harga bahan baku kebab, burger, maryam Klik disini
Info cari jodoh klik di hatinya si doi broo.

Melayani penjualan bahan baku kebab, burger, hoddog, mariam. Serta kemitraan usaha kebab murah.
Alamat: Dusun Bulu Desa Bulutengger rt 5, rw 1, belakang polsek sekaran, Sekaran, Lamongan
Cp : +6282245768088

Tidak ada komentar:

Posting Komentar