Selasa, 13 September 2016

Tips Memilih Tempat Usaha Kuliner Pinggir Jalan


Assalamualaikum.

Sebagai pemula dalam usaha kuliner terkadang kita bingung untuk menentukan lokasi usaha. Padahal tidak bisa dipungkiri bahwa lokasi usaha merupakan salah satu hal yg penting dalam menjalankan usaha kuliner.

Disini saya akan menawarkan beberapa tips dalam memilih tempat usaha kuliner.

1. Kepadatan Penduduk.
Carilah lokasi yang daerahnya memiliki penduduk yang padat. Dalam hal ini kita tentu bisa membuat perbandingan. Jualan jajanan di kampung dgn di kota tentunya akan mendapati jumlah pelanggan yg lebih banyak di daerah perkotaan dari pada di pedasaan.
Jika pun kita ingin membuka usaha tidak di daerah perkotaan, tetap kepadatan penduduk di daerah yang akan dijadikan lokasi menjadi hal yang perlu untuk diperhitungkan.

2. Daya Beli Konsumen.
Analisa terlebih dahulu daya beli konsumen di daerah yang ingin anda tempati usaha. Kira-kira harga jajanan yg hendak kita jual apakah sudah cocok atau belum dgn daya beli konsumen di lokasi yang hendak di tempati.
Untuk melakukan analisa, disini akan disajikan suatu bentuk analisa sederhana yang cukup mudah dilakukan. Semisal mengunjungi pusat2 keramaian di wilayah yang hendak kita tempati. Di situ tersaji jajanan apa saja yang sudah ada. Dari sekian jajanan yang tersaji lakukan penggolongan harga. Mulai dari jajanan yang harganya mahal, sedang dan murah. Setelah itu lakukan perkiraan sendiri apakah jajanan yg hendak kita jual tergolong mahal, sedang atau murah. Setelah itu buat keputusan jadi di wilayah itu atau tidak.
Contoh kongkrit yg biasa saya lakukan dalam pemilihan tempat jualan kebab, yg saya analisa ditempat yang ditarget biasanya saya mengamati apakah di tempat tersebut ada penjual martabak, roti bakar, kentacky, serta menganalisa minat konsumen pada jajanan tersebut. Dan juga melihat jumlah minimarket yg ada disitu beserta keramaian minimarketnya. Baru membuat keputusan.

3. Akses Lokasi Yang mudah
Ketika sudah mantap pada wilayah yang hendak dipilih sebagai lokasi usaha, usahakan memilih tempat yang berada di pusat keramaian maupun dijalur yang padat di lalui pengendara.
Tempat yang di pilih, usahakan keliatan oleh pengguna jalan dari jarak minimal 50m sebelum lokasi.

Ini hanya tips sederhana yang saya share, semoga bermanfaat dan menjadi minat bagi pembaca untuk berani membuka usaha.

Saatnya yang muda yang berwirausaha. ☺
Wassalam.

Melayani penjualan bahan baku kebab, burger, hoddog, mariam. Serta kemitraan usaha kebab murah.
Alamat: Dusun Bulu Desa Bulutengger rt 5, rw 1, belakang polsek sekaran, Sekaran, Lamongan
Cp : +6282245768088

Tidak ada komentar:

Posting Komentar